Manfaat Kentang, Masakan Pengganti Nasi Untuk Kesehatan

Manfaat Kentang, Masakan Pengganti Nasi Untuk Kesehatan
Foto: iStock

Kentang merupakan masakan murah dan banyak nutrisi pengganti nasi. Makanan itu akhir-akhir ini banyak ditemukan untuk cemilan. Tapi tahukah kau manfaat kentang untuk kesehatan?

Berikut yaitu 7 manfaat kesehatan dan nutrisi dari kentang.


1. Banyak Nutrisi

Kentang yaitu sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Kandungan nutrisi kentang sanggup bervariasi tergantung pada cara mengolahnya. Misalnya, kentang goreng. Lebih banyak kalori dan lemak dari kentang goreng daripada kentang panggang.

Penting juga untuk dicatat bahwa kulit kentang mengandung banyak vitamin dan mineral. Mengupas kentang sanggup secara signifikan mengurangi kandungan gizinya.

2. Mengandung Antioksidan

Kentang kaya akan senyawa menyerupai flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Senyawa ini merupakan antioksidan dalam tubuh dengan menetralkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Ketika radikal bebas menumpuk akan sanggup meningkatkan risiko penyakit kronis menyerupai penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

3. Mengontrol Gula Darah

Kentang mengandung jenis pati khusus yang dikenal sebagai pati resisten. Pati ini sepenuhnya diserap oleh tubuh. Pati resisten akan meningkatkan kontrol gula darah. Agar mengontrol gula darah, simpan kentang rebus di lemari es semalam dan konsumsi dalam keadaan dingin.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pati resisten dalam kentang juga sanggup meningkatkan kesehatan pencernaan. Pati resisten dari kentang sebagian besar dikonversi menjadi asam lemak rantai pendek butirat (sumber masakan pilihan untuk basil usus). Butirat sanggup mengurangi peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan mengurangi risiko kanker kolorektal.

5. Bebas Gluten

Diet bebas gluten yaitu salah satu diet paling terkenal di seluruh dunia. Gluten sanggup ditemukan dalam biji-bijian menyerupai gandum.

Orang dengan penyakit celiac atau sensitivitas gluten non-celiac sanggup mengalami ketidaknyamanan yang parah saat mengonsumsi masakan yang mengandung gluten. Gejalanya mencakup sakit perut yang tajam, diare, sembelit, kembung, dan ruam pada kulit. Jika diet bebas gluten, maka kau harus mempertimbangkan untuk menambahkan kentang ke dalam sajian diet.

6. Mengenyangkan

Selain bergizi, kentang juga sangat mengenyangkan. Makanan yang bikin kau kenyang ini sanggup membantu mengatur atau menurunkan berat badan. Sudah niscaya diet kau akan kondusif dong!

Beberapa bukti menunjukkan bahwa protein kentang tertentu, yang dikenal sebagai kentang proteinase inhibitor 2 (PI2), sanggup mengekang nafsu makan. Protein ini sepertinya meningkatkan pelepasan cholecystokinin (CCK), hormon yang meningkatkan rasa kenyang.

7. Diolah Berbagai Cara

Kentang tidak hanya sehat, tetapi juga yummy dan sanggup diolah banyak sekali cara. Kentang sanggup diolah dengan banyak sekali cara, termasuk direbus, dipanggang, dan dikukus. Namun, menggoreng kentang sanggup meningkatkan kalorinya bila kau memakai banyak minyak.

Sebagai gantinya, cobalah mengiris kentang dan lalu memanggangnya dalam panggangan dengan sedikit minyak zaitun. Pastikan untuk tidak menghilangkan kulit kentang, alasannya sebagian besar nutrisi ada di sana. Hal ini akan memastikan kau mendapatkan jumlah nutrisi maksimum dari kentang.


Belum ada Komentar untuk "Manfaat Kentang, Masakan Pengganti Nasi Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel