Kapan Waktu Berolahraga Yang Tepat kalau Bekerja Shift Malam?

Kapan Waktu Berolahraga Yang Tepat kalau Bekerja Shift Malam?
Kapan olahraga yang sempurna jikalau bekerja shift malam? Foto: shutterstock


Jakarta - Bekerja di luar waktu jam kerja pada umumnya memang rentan menciptakan kesehatan kacau. Bisa jadi, diet dan olahraga jadi terbengkalai karena kesulitan menyesuaikan waktu.

Terutama para pekerja yang menjalankan shift malam alias bekerja mulai malam hari sampai dini hari. Olahraga di pagi hari rasanya mustahil alasannya ialah badan sudah lelah. Jika tidak olahraga, kesehatan malah terganggu. Hmm.. bagaimana ya?

Dikutip dari Live Strong, ada tiga waktu yang dapat diadaptasi pada jadwalmu untuk menyempatkan berolahraga. Pilihlah waktu yang dirasa sesuai dan dapat berkomitmen melakukannya secara rutin. Di luar itu, tetaplah menjaga kesehatan dengan makan teratur yang sehat dan cukup tidur.


Yang pertama ialah sebelum kerja. Bekerja shift malam tak berarti kau merasa segar sebelumnya, alasannya ialah secara alamiah kerja badan melambat di malam hari. Jika kau merasa lelah, moody atau lesu, kau dapat mengatasinya dengan berolahraga ketimbang minum segelas kopi.

"Olahraga melawan stres dan rasa cemas, meningkatkan daya tahan, konsentrasi dan fokus serta meningkatkan energi dan mood," demikian dilaporkan situs Mayo Clinic.

Kamu dapat menyiasatinya dengan berolahraga sebelum berangkat kerja, misal melaksanakan acara kardio menyerupai berenang, bersepeda, atau lari selama 30 menit. Bersepeda ke daerah kerja juga dapat menjadi pilihan, kemudian pertimbangkan untuk memakai tangga.

Waktu kedua ialah ketika bekerja. Dengan segala macam hiruk pikuk kegiatan ketika bekerja, rasanya tak mungkin berolahraga ketika bekerja. Belum lagi, berolahraga ketika dini hari rasanya tidak cocok. Eits, tidak begitu, lho sebenarnya.

Kamu dapat menyimpan dumbbell ringan, mungkin berukuran 1 kg, di kantor, untuk dapat kau gunakan di sela-sela waktu kerja. Push-up dan berjalan sekitaran kantor juga dapat menjadi alternatif yang baik.

Waktu ketiga tentu saja ketika usai bekerja. Rasa lelah dan ngantuk mungkin akan menjadi alasan terbesarmu menghindari olahraga. Jika shift bekerjamu usai sekitar jam 6 atau 7 pagi, kau dapat berolahraga ringan menyerupai berjalan-jalan atau yoga selama 10-15 menit. Olahraga ini dapat membantumu untuk tidur lebih nyenyak dan tanpa stres.


Belum ada Komentar untuk "Kapan Waktu Berolahraga Yang Tepat kalau Bekerja Shift Malam?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel