10 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat bawang merah
Ilustrasi bawang merah (Foto: Imam Suripto/detikcom)


Jakarta - Jangan bilang kau orang Indonesia jikalau tidak mengenal bawang merah (Allium cepa L). Tentu sebagai orang Asia Tenggara kau sudah mengenal baik salah satu bumbu penyedap ini.

Kandungan bawang merah ini biasanya dimanfaatkan sebagai rempah pada kuliner yaitu potongan umbinya dijadikan sebagai bawang goreng. Sementara daun bawang merah untuk penyedap masakan.

Kandungan vitamin dan nutrisinya hanya sanggup bermanfaat jikalau dikonsumsi ketika mentah saja. Apabila sudah dimasak maka vitamin dan nutrisinya akan berkurang bahkan hilang. Dikutip dari beberapa sumber, kira-kira apa saja ya manfaat mengonsumsi bawang merah bagi kesehatan tubuh?


1. Bantu Mencegah Kanker

Kandungan bawang merah disebut dengan zat quercetin. Quercetin yakni zat alami yang menciptakan bawang menjadi berwarna warna merah gelap. Menurut University of Maryland Medical Center, zat quercetin termasuk zat antioksidan yang berperan penting dalam melawan pengaruh radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Salah satu dampak penumpukan radikal bebas yakni kanker.

Antioksidan menyerupai quercetin bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan pada binatang menawarkan bahwa zat quercetin dalam bawang merah mentah ini bisa mencegah pertumbuhan sel kanker paru, kanker prostat, kanker ovarium, kanker usus, serta kanker endometrial.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Dalam jurnal Pharmacological Reports yang diterbitkan pada tahun 2009, disebutkan juga bahwa zat quercetin yang cukup tinggi ada di dalam bawang merah bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi. Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi berisiko untuk mengalami banyak sekali penyakit degeneratif, menyerupai penyakit jantung kroner, stroke, gagal ginjal, dan diabetes melitus.

3. Membantu Menormalkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi terbukti mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes melitus. Menurut Center for Disease Control Prevention, kadar gula darah tinggi merupakan sumber dari segala penyakit degeneratif dan penyakit kronis.

Sebuah penelitian yang dilakukan di kawasan Sudan, penderita diabetes melitus tipe satu dan tipe dua yang mengonsumsi bawang merah mentah terbukti mempunyai jumlah gula darah yang normal dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Environmental Health Insight, juga pertanda hal yang sama bahwa bawang berwarna merah bisa untuk menurunkan kadar gula darah. Para andal menyimpulkan jikalau bawang ini memang bisa meningkatkan kadar insulin serta membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang mengakibatkan penurunan kadar gula darah.

4. Melegakan Tenggorokan

Manfaat bawang merah mentah sanggup mengobati tenggorokan yang sakit. Jus bawang merah segar sanggup melegakan tenggorokan jawaban terjangkit batuk dan pilek. Untuk menambah cita rasa beri tambahan gula jawa atau madu ke dalam jus bawang.

5. Mengontrol Diabetes

Flavonoid dalam kandungan bawang merah membantu mengobati banyak penyakit, salah satunya yakni diabetes. Beberapa penelitian juga menawarkan manfaat bawang merah mentah yang meningkatkan produksi insulin dan membantu mengontrol berat tubuh yang berafiliasi dengan diabetes. Sifat tertentu dari bawang merah membantu merangsang sekresi insulin, yang menurunkan respons inflamasi yang terkait dengan diabetes.

6. Menyehatkan Jantung

Khasiat bawang merah mentah sanggup membuka arteri yang tertutup dan mengontrol tekanan darah tinggi. Oleh alasannya itu, mengonsumsi bawang merah secara teratur bisa mencegah penyakit jantung koroner.

7. Mendongkrak Stamina Lelaki

Manfaat bawang merah tidak hanya bagi kesehatan saja. Namun, khasiat bawang merah untuk lelaki juga bisa membantu sistem imun tubuh yang lemah sanggup menciptakan seseorang lemas, gampang lelah, serta bergerak lambat di atas ranjang.

Namun makan bawang merah secara rutin sanggup mencegah semua itu loh. Kandungan fitokemikal dalam bawang bisa mendorong vitamin C untuk menguatkan kekebalan tubuh sehingga toksin berbahaya penyebab banyak sekali penyakit bisa diusir dari tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan bawang merah yang sanggup meningkatkan kesehatan otak yakni kehadiran folat. Ini yakni salah satu dari delapan vitamin B dan itu meningkatkan fungsi otak dengan berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional. Folat juga melindungi DNA dan RNA tubuh kamu.

Manfaat bawang merah mentah lainnya yakni zat besi yang juga sangat penting untuk fungsi otak. Bawang merah juga mengandung senyawa lain yang disebut pyrithione, yang ditemukan untuk melawan peradangan otak dan meningkatkan kegiatan neurologis.

Sifat-sifat anti-radang dari bawang merah ini juga sanggup membantu mencegah alzheimer, kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat. Bawang merah juga sanggup menenangkan saraf dan mengobati iritasi saraf.

9. Mengandung Protein untuk Kesehatan Tubuh

Bawang merah mengandung protein yang tidak terlalu banyak. Per porsi bawang dengan berat 148 gram hanya ada 1 gram protein saja. Meski demikian, bawang ini bisa dijadikan perhiasan kuliner menyerupai sambal mentah, untuk bumbu resep nasi goreng, atau kuliner lain. Protein dalam bawang berwarna merah ini berguna baik untuk memelihara dan membangun sel jaringan tubuh yang sehat.

10. Meningkatkan Imunitas

Protein dan peptida dalam kandungan bawang merah sanggup meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat bawang merah mentah juga mempunyai pengaruh antioksidan yang membantu melawan penyakit dan bisul umum. Beberapa penyakit ini termasuk pilek, flu, demam, dan bronkitis.

Jika kau tidak bahagia mengonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah, sebaiknya siasati dengan mencampurkan bawang merah ke dalam kuliner kesukaan seperti, pecel, urap, burger, atau salad sayur.

Jadi masih nggak mau makan bawang merah?



Belum ada Komentar untuk "10 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel