5 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jakarta - Jantung merupakan salah satu organ badan yang paling penting dan harus dijaga kesehatannya. Menjaga kesehatan jantung sanggup dilakukan dengan aneka macam cara, antara lain dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Dikutip dari Reader's Digest berikut ini 5 kuliner sehat dan enak yang sanggup meningkatkan kesehatan jantungmu.

1. Beras merah
Dibandingkan dengan beras putih, beras merah jauh lebih sehat alasannya rendah kalori di dalamnya, namun mempunyai banyak nutrisi, serat dan mineral yang baik untuk kesehatan, salah satunya ialah kesehatan jantung. Beras merah sanggup menurunkan kolestrol jahat (LDL), yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.


Selain itu, kandungan anthocyanin pada beras merah terbukti sanggup mencegah penyakit jantung dan mempunyai sifat anti inflamasi (peradangan). Seseorang yang menderita penyakit jantung, obesitas dan diabetes, disarankan untuk mengganti beras putih dengan beras merah sebagai kuliner utamanya, alasannya beras merah kondusif untuk dikonsumsi oleh penderita tiga penyakit tersebut.

2. Ikan salmon
Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang paling bergizi di dunia, alasannya kaya akan asam lemak omega-3, vitamin B12, kalium, dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan asam lemak omega-3 dan -6 yang digabungkan dengan kalium, mempunyai peranan yang besar pada kesehatan jantung, alasannya sanggup mengurangi peradangan arteri, menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL), dan tekanan darah.

Selain itu, kalium sanggup membantu mengendalikan tekanan darah, dan mencegah retensi cairan yang berlebihan. Dengan mengonsumsi ikan salmon secara teratur, maka sanggup menurunkan kondisi medis yang bekerjasama dengan jantung, ibarat aritmia, serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

3. Kacang kenari
Menurut penelitian, seseorang yang rutin mengonsumsi kacang kenari, sanggup terhindar dari penyakit jantung, alasannya kacang kenari telah terbukti sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

kacang kenari sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sampai 16%, dan sanggup menurunkan tekanan darah diastolik sampai 2-3 mm Hg. Dengan rutin mengonsumsi kacang kenari, kesehatan jantungmu sanggup terjaga dengan baik.

4. Alpukat
Alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan jantung, alasannya sanggup menurunkan kolesterol jahat (LDL), yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. Selain itu, alpukat juga kaya akan nutrisi dan kalium yang sangat diperlukan badan untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Sayuran hijau
Ternyata sayuran hijau ibarat bayam, sawi, dan kangkung sanggup meningkatkan kesehatan jantung lho healty friend, mengapa? Karena sayuran hijau kaya akan mineral, vitamin dan antioksidan, yang ketiganya merupakan sumber vitamin K, yang berfungsi untuk melindungi arteri, dan meningkatkan pembekuan darah yang sempurna (normal), sehingga nantinya sanggup mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa seseorang yang meningkatkan asupan sayuran hijaunya, akan beresiko lebih rendah terkena penyakit jantung.


Belum ada Komentar untuk "5 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel