14 Tanda Hamil, Apa Saja??

ciri ciri orang hamil
14 Tanda Hamil yang Harus Kamu Tahu/Foto: iStock

Jakarta - Walaupun tes kehamilan ialah satu-satunya cara untuk memilih apakah kau hamil, ada tanda-tanda dan tanda-tanda hamil yang sanggup diperhatikan. Apa saja?

Meskipun mungkin terdengar aneh, ahad pertama kehamilan didasarkan pada tanggal periode menstruasi terakhir kamu. Periode menstruasi terakhir dianggap ahad pertama kehamilan.


1. Kram dan Bercak

Telur yang telah dibuahi menghasilkan blastokista (kelompok sel berisi cairan) yang akan berubah menjadi organ dan kepingan badan bayi. Sekitar 10 sampai 14 hari sehabis pembuahan, blastokista akan ditanamkan di endometrium atau lapisan rahim. Hal inilah yang sanggup menimbulkan pendarahan. Hindari merokok atau minum alkohol dikala terjadi pendarahan.


2. Tidak Menstruasi 4 Minggu Setelah Pembuahan

Setelah implantasi selesai, badan akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu badan menjaga kehamilan.

Kamu kemungkinan akan kehilangan menstruasi berikutnya empat ahad sehabis pembuahan. Jika mengalami menstruasi yang tidak teratur, kau perlu melaksanakan tes kehamilan. Tes kehamilan akan sanggup mendeteksi kadar hCG dalam urin dan menawarkan apakah kau sedang hamil.

3. Suhu Tubuh Meningkat

Suhu badan basal yang lebih tinggi juga sanggup menjadi tanda kehamilan. Suhu inti badan kau juga sanggup meningkat lebih gampang selama berolahraga atau dalam cuaca panas. Selama waktu ini, kau harus memastikan untuk minum lebih banyak air dan berolahraga dengan hati-hati.

4. Cepat Lelah

Kelelahan sanggup terjadi kapan saja selama kehamilan. Gejala ini umum terjadi pada awal kehamilan. Kadar progesteron akan meningkat, yang sanggup menciptakan kau mengantuk.

5. Detak Jantung Meningkat

Sekitar ahad 8 sampai 10, jantung kau mulai berdetak lebih cepat dan lebih keras. Hal ini biasanya alasannya hormon. Jika mempunyai dilema jantung, segeralah ke dokter.

6. Payudara Membesar

Perubahan payudara sanggup terjadi antara ahad ke 4 dan 6. Payudara kau akan membesar alasannya perubahan hormon. Perubahan puting juga sanggup terjadi sekitar ahad ke 11. Areola atau area di sekitar puting susu sanggup berubah warna menjadi lebih gelap dan lebih besar.


7. Perubahan Suasana Hati

Tingkat estrogen dan progesteron kau akan tinggi selama kehamilan. Peningkatan ini sanggup memengaruhi suasana hati dan menciptakan kau lebih emosional atau reaktif dari biasanya. Perubahan suasana hati sering terjadi selama kehamilan dan sanggup menimbulkan perasaan depresi, gampang marah, dan cemas.

8. Sering Buang Air Kecil

Selama kehamilan, badan meningkatkan jumlah darah yang dipompa. Hal ini menciptakan ginjal memproses lebih banyak cairan dari biasanya, yang menimbulkan lebih banyak cairan dalam kandung kemih kamu. Makara masuk akal saja kau akan sering ke kamar mandi.

9. Kembung dan Sembelit

Mirip dengan tanda-tanda periode menstruasi, kembung sanggup terjadi selama awal kehamilan. Ini mungkin alasannya perubahan hormon, yang juga sanggup memperlambat sistem pencernaan kamu. Kamu pun akan mengalami sembelit.

10. Mual

Mual di pagi hari biasanya terjadi sekitar ahad ke 4 sampai 6. Meskipun disebut mual di pagi hari, penyakit ini sanggup terjadi kapan saja di siang atau malam hari.

Penyebab mual di pagi hari itu yakni peningkatan hormon. Selama trimester pertama kehamilan, banyak perempuan mengalami mual pagi yang ringan sampai berat. Ini mungkin menjadi lebih intens menjelang final trimester pertama dan akan berkurang ketika memasuki trimester kedua.

11. Tekanan Darah Tinggi dan Pusing

Dalam kebanyakan kasus, tekanan darah tinggi akan terjadi pada tahap awal kehamilan. Ini juga sanggup menimbulkan terjadinya pusing, alasannya pembuluh darah kau melebar. Hampir semua masalah hipertensi terjadi dalam 20 ahad pertama.

12. Sensivitas Bau

Sensitivitas basi ialah salah satu tanda-tanda awal kehamilan. Sensitivitas basi sanggup memicu mual dan muntah. Ini juga sanggup menimbulkan ketidaksukaan yang berpengaruh untuk masakan tertentu.

13. Berat Badan Bertambah

Tubuh kau akan mengalami peningkatan menjelang final trimester pertama atau selama kehamilan. Tubuh akan meningkat 0,4 - 1,6 kg pada bulan pertama kehamilan. Bahkan badan sanggup meningkat sampai 20 kg selama kehamilan.

14. Bersinar

Banyak orang mungkin mulai menyampaikan ibu hamil memiliki wajah bersinar. Hal ini akhir kombinasi peningkatan volume darah dan kadar hormon yang lebih tinggi.
Peningkatan acara kelenjar minyak badan menciptakan kulit kau tampak memerah dan mengkilap. Di sisi lain, kau juga akan jerawatan.




Belum ada Komentar untuk "14 Tanda Hamil, Apa Saja??"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel