Inilah 10 Cara Menurunkan Asam Lambung

cara menyembuhkan asam lambung
10 Cara Menurunkan Asam Lambung, Kamu Harus Tahu/Foto: iStock

Jakarta - Kalau kau sakit asam lambung, jangan eksklusif minum obat-obatan komersial. Gaya hidup kau perlu diperhatikan. Ini cara menurunkannya.

Cukup mengubah kebiasaan diet atau cara tidur biar sanggup secara signifikan mengurangi tanda-tanda asam lambung.

Beberapa asam lambung benar-benar normal dan tidak berbahaya, biasanya tidak mengakibatkan gejala. Tetapi dikala itu terjadi terlalu sering, hal itu akan terasa panas pada kepingan dalam kerongkongan.


Gejala yang paling umum dari asam lambung dikenal sebagai mulas, yang merupakan rasa sakit dan panas di dada atau tenggorokan. Namun ada refluks gastroesofageal (GERD), yang merupakan bentuk refluks asam yang paling serius terjadi.

Berikut 10 cara alami untuk mengurangi asam lambung.

1. Jangan Makan Berlebihan

Makan dalam jumlah yang lebih besar sanggup memperburuk tanda-tanda asam lambung. Salah satu langkah yang akan membantu meminimalkan refluks asam ialah menghindari makan dalam jumlah besar.

2. Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat tubuh sanggup meredakan tanda-tanda asam lambung. Nah, mulailah menurunkan berat tubuh bila kau mengalami asam lambung.

3. Diet Rendah Karbohidrat

Semakin banyak bukti mengatakan bahwa diet rendah karbohidrat sanggup meredakan gejala asam lambung. Karbohidrat yang tidak tercerna sanggup mengakibatkan pertumbuhan basil yang berlebihan dan tekanan yang meningkat di dalam perut. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab paling umum dari asam lambung.

Memiliki terlalu banyak karbohidrat yang tidak tercerna dalam sistem pencernaan menciptakan kandungan gas tinggi sehingga kau akan mengalami kembung. Ini juga cenderung menciptakan kau lebih sering bersendawa.


4. Batasi Asupan Alkohol

Minum alkohol sanggup meningkatkan keparahan asam lambung. Minumlah banyak air putih alasannya ialah selain sehat juga sanggup mengurangi asam lambung.

5. Jangan Terlalu Banyak Minum Kopi

Kafein sanggup menjadi penyebab asam lambung. Minum kopi tanpa kafein sanggup mengurangi asam lambung dibandingkan dengan kopi biasa.

6. Hindari Bawang Mentah

Makan masakan yang mengandung bawang mentah akan meningkatkan asam lambung dan bersendawa. Bawang mentah juga sanggup mengiritasi lapisan kerongkongan dan mengakibatkan mulas.

Apa pun alasannya, bila memakan bawang mentah menciptakan asam lambung semakin buruk, kau harus menghindarinya.

7. Batasi Asupan Minuman Berkarbonasi

Minuman ringan berkarbonasi dikaitkan dengan peningkatan tanda-tanda asam lambung. Alasan utamanya ialah gas karbon dioksida dalam minuman berkarbonasi, mengakibatkan kau lebih sering bersendawa. Efek ini sanggup meningkatkan jumlah asam yang keluar ke kerongkongan.

8. Jangan Terlalu Banyak Minum Jus Jeruk

Jus jeruk atau jeruk bali memperburuk tanda-tanda asam lambung. Kaprikornus jauhi jus ini bila asam lambung sedang naik.

9. Hindari Mint

Peppermint dan spearmint ialah herbal umum yang dipakai untuk membumbui makanan, permen, permen karet, obat kumur dan pasta gigi. Peppermint dan spearmint juga materi terkenal dalam teh herbal. Dosis tinggi spearmint sanggup memperburuk tanda-tanda asam lambung. Jika kau merasa mint menciptakan asam lambung naik, maka hindarilah.

10. Tinggikan Kepala Tempat Tidur Anda

Beberapa orang menderita gejala asam lambung pada malam hari. Ini sanggup mengganggu kualitas tidur dan menyulitkan mereka untuk tertidur. Mengangkat kepala saat tidur ialah solusi yang efektif untuk mengurangi tanda-tanda asam lambung dan mulas pada malam hari,

Belum ada Komentar untuk "Inilah 10 Cara Menurunkan Asam Lambung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel