Rekomendasi Olahraga Malam Yang Tak Bikin Insomnia

salah satu tips biar tidak insomnia
Olahraga tertentu bisa dilakukan malam hari tanpa mengganggu contoh tidur (Foto: iStock)


Jakarta - Olahraga memang kegiatan yang punya segudang manfaat. Kalau kita rutin olahraga, tubuh bisa menjadi bugar, terhindar dari risiko banyak sekali penyakit, dan suasana hati kita pun selalu baik.

Biasanya olahraga dilakukan pada pagi hari sebelum memulai rutinitas, tetapi waktu-waktu lain mirip siang, sore, bahkan malam hari juga bisa lho dimanfaatkan untuk berolahraga.

Banyak orang yang menentukan berolahraga malam-malam alasannya seharian tidak punya cukup waktu luang. Olahraga di malam hari bisa membantu tidur nyenyak dan mencegah kau terhindar dari risiko serangan panas (heat stroke) ketika berolahraga ketika panas terik.


Tapi, olahraga malam tak bisa dilakukan sembarangan. Kamu justru bisa kecapekan atau malah cedera dan imbasnya jadi insomnia nyenyak. Apa saja olahraga yang kondusif untuk dilakukan ketika malam hari? Dikutip dari Lifehack, berikut beberapa pilihan olahraga malam yang tak mengganggu contoh tidur.

1. Yoga
Yoga merupakan salah satu olahraga malam hari yang terbilang cukup kondusif alasannya justru menciptakan tubuh dan pikiran rileks sebelum bersiap tidur. Yoga bermanfaat untuk menghilangkan penat seharian tadi, melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan sehingga tidur pun akan nyenyak.

2. Jalan-jalan
Jika kau tak begitu suka yoga, jalan kaki bisa menjadi salah satu alternatif olahraga malam hari yang sama amannya. Ada banyak manfaat jalan kaki, mulai dari menurunkan berat badan, membantu melawan depresi, sampai sebagai sarana meditasi mengusir pikiran negatif sebelum pergi tidur.

3. Angkat beban
Salah satu pilihan olahraga di malam hari yaitu dengan melaksanakan angkat beban di klub kebugaran. Banyak masyarakat pada masa sekarang yang mengatur waktu olahraga di malam hari guna menyesuaikan rutinitas hariannya, sehingga banyak klub fitness justru ramai pada malam hari.

4. Tai chi
Tai Chi merupakan adonan dari seni bela diri dan olahraga. Cocok dilakukan ketika malam hari, berfungsi untuk melatih keseimbangan tubuh juga pikiranmu. Gerakan yang dilakukan ibarat fatwa air hening bisa membuatmu menjadi lebih rileks mirip menjalankan meditasi. Pikiran jadi lebih tenang, tubuh rileks, tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Olahraga malam hari ternyata mempunyai beberapa laba tersendiri lho. Banyak yang menyampaikan kalau melaksanakan acara sebelum libur tidur akan membuatmu insomnia atau insomnia di malam harinya.

Padahal daripada menghabiskan waktu nonton televisi sembari makan cemilan tidak sehat, justru lebih baik olahraga saja bukan?


Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi Olahraga Malam Yang Tak Bikin Insomnia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel